Membuat sitasi dan daftar pustaka style UIN dengan Mendeley


     Setiap perguruan tinggi di Indonesia pasti memiliki panduan tersendiri dalam menyusun karya tulis ilmiah mereka, panduan tersebut tertuang dalam buku panduan penulisan ilmiah karya akhir mahasiswa. dalam panduan penulisan karya akhir mahasiswa terdapat format sitasi yang digunakan untuk menghindari plagiasi. Style sitasi ini berbeda-beda berdasarkan kebijakan masing-masing institusi, ada yang menggunakan style sitasi body note ada juga yang menggunakan style sitasi footnote. Dari dua jenis format sitasi tersebut terdapat perbedaan jika footenote atau catatan kaki penulisan sumber diletakkan di margin bawah pada akhir tulisan. Sedangkan body note atau catatan tubuh  penulisan sumber pada awal atau akhir kutipan yang diletakkan di di akhir tulisan.  

     Sebagai sebuah perguruan tinggi, Universitas Islam Negeri (UIN) mempunyai standar style sitasi tersendiri yang digunakan untuk penulisan karya akhir atau jurnal ilmiah dilingkungan UIN, untuk style sitasi UIN menggunakan variasi sitasi footnote dengan style Turabian. Style Turabian dikembangkan oleh Kate Turabian, wanita yang bekerja bertahun-tahun sebagai sekertaris di Universitas Chicago. Style ini adalah sub-style pendek berdasarkan penulisan style chicago. Gaya ini pada dasarnya sama seperti yang disajikan dalam Manual Chicago of Style 16th ed.


     Bagaimana cara membuat sitasi dengan Turabian Style ?

    Dalam artikel singkat ini saya menggunakan software reference tool mendeley untuk membuat sitasi dan daftar pustaka, Menurut saya Mendeley Software Management Tool yang Powerfull untuk mengelola referensi Anda. 

Adapun langkah-langkah membuat sitasi dengan Mendeley adalah sebagi berikut :

1. Setting format sitasi ke Turabian Style 
Buka Mendeley desktop kemuadian pilih menu  VIEW  --> CITATION STYLE --> MORE STYLE, kemudian pilih Turabian Style
Gambar Turabian Style di Mendeley 


2. Setelah selesai install Turabian style langkah selanjutnya Buka Microsoft Word Anda
Buka Microsoft Word Anda kemudian klik menu References
Gambar References 

3. Klik Insert Citation
a. Pada menu insert citation ketikan nama pengarang, atau tahun. kemudian pilih semisal laskar pelangi 


Gambar Insert Sitasi

b. Hapus block biru, supaya muncul dialog costume citation
Dalam dialog custome citation Anda dapat menambahkan Halaman, Prefix, Sufix dan Suppress author. Dalam artikel ini saya menambahkan halaman 12 . Setelah selesai menambahkan klik tombol OK 


Gambar costume citation

c. Hasil Insert Citation 



Gambar Costume Citation

Gambar Footenote di akhir naskah




4. Membuat Daftar Pustaka

Langkah berikutnya adalah membuat daftar pustaka, membuat daftar pustaka ini hanya dilakukan sekali saja. Adapun cara membuat daftar pustaka Anda cukup klik insert bibliography  dibawah Daftar Pustaka. Secara otomatis kutipan yang ditambahkan dinaskah Anda akan muncul di daftar pustaka secara alfabetis Anda tidak perlu mengurutkan secara manual.


Gambar Insert Bibliography


Gambar Daftar Pustaka 



Terima kasih, Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat sitasi dan daftar pustaka style UIN dengan Mendeley"

Posting Komentar