Mendeley Software Management Tool yang Powerfull

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam membuat sitasi untuk laporan penelitian atau dalam menulis jurnal ilmiah ? baik saya beri ilustrasi kisah si Jono yang mungkin hapir mirip dengan yang kita alami dalam manajemen sitasi  :


Jono seorang mahasiswa tingkat akhir sedang menyelesaikan tesisnya, Selain menyelesaikan tesisdia juga diwajibkan menulis beberapa artikel untuk dikirim pada jurnal. Setiap hari dia membaca minimal satu artikel yang dia unduh dari jurnal online yang dilanggan oleh kampusnya.  Setelah menuliskan kata kunci di kotak pencarian, dia menemukan berbagai artikel yang sesuai dengan bidang ilmunya. Dengan cekatan dia menggerakan mouse menuju judul artikel, klik kanan, klik open in new tab. Demikian dilakukan untuk beberapa artikel yang dia inginkan.  Setelah terbuka di tab baru, kemudian dia mengunduh file PDF yang menyertai abstrak artikel tersebut. Setelah itu, dia pun menyalin alamat url serta serta tanggal dan waktu mengunduh artikel tersebut serta menyimpan dalam file .txt.  Ketika menulis artikel dan tesis, Jono menuliskan kutipan dan sumber kutipan. Setelah selesai, Jono menyusun satu persatu daftar pustaka yang dia gunakan. Dari halaman pertama, diermatinya sumber yang dia kutip agar tidak terlewat untuk ditulis pada daftar pustaka. (Purwoko, 2016)



Poin penting yang dapat kita ambil dari kisah si Jono adalah kesulitan Jono dalam pengelolaan referensi untuk membuat kutipan laporan penelitiannya. Mungkin kesulitan tersebut sering kita alami dalam penulisan karya ilmiah. Kutipan sendiri digunakan supaya karya tulis yang kita buat tidak terindikasi menjiplak karya orang lain. Supaya memudahkan dalam pengelolaan referensi diperlukan sebuah alat/tool untuk mengelola referensi laporan penelitian.
Salah satu aplikasi dalam mengelola referensi adalah Mendeley. Mendeley sendiri adalah program web dan desktop yang diproduksi oleh Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah (wikipedia.com). Mendeley mempunyai beberapa fitur yang mumpuni untuk mengelola referensi Anda yaitu :
1    
      1. Ekstraksi otomatis metadata dari kertas PDF.
3    2.  Back-up dan sinkronisasi di beberapa komputer dan dengan akun online pribadi.
4    3. Penampil PDF dengan catatan tempel, penyorotan teks dan pembacaan layar penuh.
5    4. Pencarian teks lengkap di atas kertas.
6    5. Smart filtering, penandaan dan pengubahan nama file otomatis PDF.
7    6. Kutipan dan bibliografi di Microsoft Word , OpenOffice.org , dan LibreOffice .
8    7. Impor dokumen dan makalah penelitian dari situs eksternal (misalnya, PubMed , Google Scholar , Arxiv ) melalui bookmarklet browser.
9    8. Ekspor / file sync BibTeX
      9.  Kelompok pribadi untuk secara kolaboratif memberi tag dan menganotasi makalah penelitian.
1  10.  Kelompok publik untuk berbagi daftar bacaan.
1  11. Fitur jejaring sosial (newsfeeds, komentar, halaman profil, dll.).
1  12.  Statistik pembaca berbasis penggunaan tentang makalah, penulis dan publikasi.
1  13.  Aplikasi iPhone
1  14. Aplikasi iPad
1  15. Aplikasi Android
     
      Untuk menggunakan aplikasi ini Anda diharuskan registrasi terlebih dahulu dilaman mendeley.com, Mendeley dapat digunakan secara gratis dan disediakan space / ruangan untuk menyimpan referensi dan file digital sebesar 2 GB, Jika Anda memerlukan space lebih Anda dapat mengupgrade dengan membeli space tambahan.  Selamat Mencoba
r    
r    Referensi :
p   Purwoko. (2015). Manajemen Dokumen Ilmiah: menggunakan zotero dan mendeley. Yogyakarta: Aswaja 
h   https://en.wikipedia.org/wiki/Mendeley

  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendeley Software Management Tool yang Powerfull "

Posting Komentar