Pentingnya Penulisan Kutipan dalam Karya Tulis Ilmiah

 


Pengetahuan dapat dilestarikan dengan adanya tradisi tulis menulis dengan adanya tradisi ini memudahkan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat umum. Saat ini Penulisan pengetahuan dapat dilakukan dengan menggunakan media seperti surat kabar, buku dan jurnal ilmiah. Dalam menulis tulisan ilmiah seperti jurnal ilmiah perlunya memperhatikan kutip mengutip atau meminjam kalimat dari beberapa referensi seperti buku atau artikel jurnal sehingga perlu diperhatikan penulisan sumber yang jelas ketika meminjam kalimat dari sumber lain. Penulisan kutipan dalam sumber ilmiah perlu dilakukan untuk  menghindari tindakan plagiasi yaitu sebuah tindakan meyalin ide atau gagasan tanpa mencantumkan sumber aslinya. 

Ada beberpa style atau gaya dalam penulisan sitasi dan biasanya gaya sitasi ini bergantung kepada rumpun ilmu. Berikut ini beberapa style sitasi :

1. APA style
2. MLA Style
3. AMA style
4. Chichago style
5. Turabian style   
6. APSA style
7. IEEE style 

Penulisan APA Style 

1. Artikel Jurnal

kutipan di artikel

Pengertian kutipan dilihat dari fungsinya juga biasanya digunakan untuk dapat mengemukakan definisi atau pengertian istilah atau konsep tertentu dan digunakan untuk dapat menguraikan suatu rumus atau formula atau untuk mengemukakan pendirian atau pendapat seseorang (Mellers, 2000).

Daftar Pustaka

Mellers,B. A. (2000). Choice and the relative pleasure of consequences. PsychologicalBulletin, 126, 910–924

2. Buku

kutipan di artikel

Pengertian kutipan dilihat dari fungsinya juga biasanya digunakan untuk dapat mengemukakan definisi atau pengertian istilah atau konsep tertentu dan digunakan untuk dapat menguraikan suatu rumus atau formula atau untuk mengemukakan pendirian atau pendapat seseorang (Gerhard, 2004).

Daftar Pustaka

Gerhardt,S. (2004). Why love matters: How affection shapes a baby’s brain. New York:Brunner-Routledge.

3. Website

kutipan di tulisan 

Pengertian kutipan dilihat dari fungsinya juga biasanya digunakan untuk dapat mengemukakan definisi atau pengertian istilah atau konsep tertentu dan digunakan untuk dapat menguraikan suatu rumus atau formula atau untuk mengemukakan pendirian atau pendapat seseorang (Fredrickson, 2000).

Fredrickson, B. L. (2000, March 7).Cultivating positive emotions to optimize health and well-being. Prevention & Treatment, 3, Article 0001a. Retrieved November 20, 2000, from http://journals.apa.org/prevention/volume3/pre0030001a.html

Referensi:

Salmaa. (2023). Pengertian Kutipan: Macam, Cara Penulisan, dan Contoh. Retrived Oktober 4, 2023, from https://penerbitdeepublish.com/pengertian-kutipan/ 

1 komentar untuk "Pentingnya Penulisan Kutipan dalam Karya Tulis Ilmiah "

  1. Bagaimana cara menggunakan kutipan dengan benar untuk menghindari plagiarisme?? Visit Us Telkom University

    BalasHapus