Sekolah Perpustakaan Pertama di dunia Tersebut Bernama Columbia School of Library Economic

 Pendahuluan



Melvil Dewey mendirikan sekolah perpustakaan pertama di Universitas Columbia pada 5 Januari 1887  dan selama tiga dekade berikutnya mulai memberikan pengaruh yang besar pada profesi perpustakaan. Pendidikan perpustakaan sekolah dewey dikritisi oleh Carl M. White yang menyimpulkan bahwa sekolah Dewey tidak lebih dari program magang yang terorganisir yang berfokus pada keterampilan teknis dan menurut Carl kegagalan sekolah Dewey adalah kurangnya sisi intelektual yang substantif.

Berdasarkan catatan steno yang diambil oleh siswa George Watson Cole dan oleh Melvil Dewey dari sesi kelas yang dilakukan selama dua tahun pertama Sekolah Ekonomi Perpustakaan Dewey (1887-1888).  Esai ini melanjutkan pekerjaan itu dengan menggambar ulang gambaran yang kita miliki tentang program pendidikan di Sekolah Dewey. Upaya tersebut menimbulkan pertanyaan tentang interpretasi kejuruan-teknis Sekolah yang dibuat oleh White dan lainnya.

Program dan jadwal

1887

Perkuliahan di sekolah perpustakaan ekonomi yaitu kuliah selama satu semester kuliah formal selama dua belas minggu melai januari 1887 dikombinasikan dengan kesempatan sesudahnya bagi siswa untuk mengjabiskan dia tahun tambahan magang di perpustakaan Columbia College. Berdasarkan literatur perkuliahan dimulai setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00. di akhir perkuliahan mereka mempraktekan beberapa kegiatan rutin perpustakaan seperti kegiatan sirkulasi kemudian membuat katalog dan klasifikasi. Kuliah dilanjutkan kembali setelah istirahat makan siang, dan dimulai pada pukul 14.30 sampai dengan pukul 16.00, dengan rabu sore disediakan jadwal kunjungan ke perpustakaan daerah dan perpustakaan terkait. Pada saat kunjungan diselingi dengan “kuis” yaitu, sesi kelas dalam satu hari atau lebih dari kunjungan di mana pengamatan yang dilakukan membahas selama kunjungan. Siswa kemudian secara teratur menghabiskan waktu setelah makan malam hingga pukul 22:00. Sudi tambahan dilaksanakan pada hari sabtu pukul 11.30 kuliah bersama membahas tentang topik sastra. 

Jadwal perkuliahan yang bervariasi dan tidak mementu membuat karakter hiruk pikuk pada semester ini. Berdasarkan pengajuan Dewey, sekitar dua puluh siswa hampir tinggal di perpustakaan dari pagi hingga larut malam, setidaknya pada hari senin sampai kamis. Kemudian pada hari jumat dan sabtu, mereka memiliki hari yang lebih pendek dengan alternatif jumat malam dihabiskan di rumah Melvil dan Annie Godfrey Dewey untuk relaksasi sosial. Dewey sangat mendorong para siswa untuk menjadikan hari minggu sebagai hari relaksasi atau bersantai.

 

1888

Tahun kedua rencana perkuliahan diubah menjadi tiga bagian kursus yang dilaksanakan selama tujuh bulan. Bagain pertama delapan minggu dimulai pada 11 November 1887 dan berakhir pada 4 Januari 1888 perkuliahan tersebut memperkenalkan siswa yang tidak memiliki pengalaman perpustakaan ke teknis perpustakaan. Bagian ke dua dimulai pada Kamis, 5 Januari 1888 dan diakhiri pada sabtu, 24 april 1888, memuat program perkuliahan di kelas, latiah terencana dan diskusi. Bagian ketiga dimulai seleha semester kuliah dan diakhiri pada saat dimulainya magang selama delapan minggu di perpustakaan Columbia College.

Rencana kurikuler kemudian diubah untuk tahun kedua menjadi kursus tiga bagian selama tujuh bulan. Bagian pertama delapan minggu dimulai pada 11 November 1887 dan berakhir pada 4 Januari 1888 memperkenalkan siswa yang tidak memiliki pengalaman perpustakaan ke operasi perpustakaan. Detik dua belas minggu bagian yang dimulai Kamis, 5 Januari 1888, dan diakhiri pada Sabtu, 24 April 1888, memuat inti program berupa kuliah di kelas, latihan terencana, dan diskusi. Bagian ketiga yang dimulai setelah semester kuliah dan diakhiri pada saat dimulainya magang selama delapan minggu di perpustakaan Columbia College.

Sesi perkuliahan tahun ke dua mereka yaitu kuliah dasar, mengerjakan proyek-proyek khusus yang berkaitan dengan perencanaan perpustakaan dan bibliografi, dan membantu siswa tahun pertama atau "junior" dalam satu sesi.

Fakultas

Fakultas Sekolah  Ekonomi Perpustakaan terdiri dari staf reguler, pustakawan tamu dan spesialis, dan personel yang bertanggung jawab langsung ke Columbia College daripada ke Sekolah. Kemudian yang terakhir termasuk mahasiswa reguler dan dosen tamu. Selain itu, Melvil Dewey dan Walter S. Biscoe juga mengadakan kuis di Sekolah. Kuis adalah ulasan atau diskusi lisan daripada latihan tertulis. Ini biasanya berfokus pada komentar dosen tamu, pada apa yang diamati selama kunjungan perpustakaan, atau pada tugas kelas.

Staf Reguler

Staf tetap Sekolah Ekonomi Perpustakaan hampir semuanya adalah pegawai tetap perpustakaan Universitas Columbia yang bekerja di Sekolah sebagai bagian dari tugas perpustakaan. Sataf  dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

1.     mereka yang tampil sebagai dosen reguler dan mereka yang memberikan bantuan instruksional untuk latihan siswa atau memberikan dukungan administrasi.

2.     Dosen reguler terdiri dari Melvil Dewey, yang juga menjabat sebagai direktur sekolah dan perpustakaan Kolese Columbia, Walter Stanley Biscoe dari departemen katalogisasi perpustakaan Kolese, dan George H. Baker dari departemen referensi perpustakaan Kolese.

Melvil Dewey, yang berusia tiga puluh lima tahun ketika Sekolah dibuka, memberi kuliah terutama tentang topik teknis dan manajerial perpustakaan, termasuk alur kerja dan rutinitas, peralatan dan perangkat teknis, personel, bangunan dan furnitur perpustakaan, masalah keuangan, dan kebiasaan kerja pribadi. Dewey merupakan dosen yang bersemangat mengajar mata pelajaran tangensial.

Biscoe, yang berusia tiga puluh empat tahun selama semester pertama Sekolah dan yang telah berperan penting dalam membantu Dewey merumuskan kembali Klasifikasi Desimal untuk edisi kedua yang terkenal pada tahun 1885 dan edisi ketiganya pada tahun 1888, Biscoe mengajar tidak hanya pada spesialisasi katalogisasi dan klasifikasi tetapi juga pada standar jenis buku referensi dan bibliografi ilmu. Ceramahnya tentang bibliografi memberi perhatian besar pada keadaan di mana berbagai karya telah ditulis. Yang dia berikan tentang katalogisasi dimulai dengan masalah umum (termasuk tujuan katalog) sebelum beralih ke praktik.

Baker, yang telah berusia tiga puluh tujuh pada akhir semester pertama Sekolah dan yang juga mengajar di Sekolah Ilmu Politik Columbia (1885-1889) tentang bibliografi sejarah dan ilmu politik, mengajar di sekolah perpustakaan tentang konsep bibliografi. , bibliografi nasional, dan bibliografi hukum, ekonomi, ilmu politik, dan sosiologi. Perkuliahannya adalah yang paling konseptual dari ketiganya, menekankan struktur keseluruhan bidang pengetahuan ilmu sosial.

Ketiga pria ini sudah lama berhubungan. Mereka telah lulus dari Amherst College bersama-sama pada tahun 1874 dan, dengan Charles Sprague Smith (Amherst, 1874) dan Richmond Mayo-Smith (Amherst, 1875), dua profesor Columbia College juga terlibat dengan sekolah tersebut, membentuk Amherst College.

Pustakawan dan Spesialis Perpustakaan

Pustakawan dan Spesialis perpustakaan memberikan inspirasi dengan menceritakan pengalaman perpustakaan mereka. Kemudian mereka akan memberikan pengetahuan teknis berdasarkan pengalaman mereka.

Proporsi terbesar dari kuliah ini berfokus langsung pada topik

Kuliah terpanjang dan paling sistematis diberikan oleh William A. Bordon, yang mengulas dan menganalisis sistem sirkulasi dalam hal tujuan dan prosedurnya. Tapi ini akhirnya terbukti mengganggu kesinambungan dalam program kurikuler karena sedikit usaha yang dilakukan untuk memasukkan mereka ke dalam perkembangan topik secara keseluruhan. Selain itu, ia menjadwalkannya sedemikian rupa untuk membangun perkembangan kurikuler yang lebih bermakna di mana staf reguler mempresentasikan seri di awal semester dan pengunjung mempresentasikannya sesudahnya.

Profesor Columbia College dan Lainnya

Komponen ketiga dari fakultas Sekolah terdiri dari profesor Kolese Columbia reguler dan beberapa orang lain yang tidak dipekerjakan secara formal oleh Kolese tetapi diundang ke sana sebagai pembicara.

Topik Konten Kurikulum

Konten topik kurikulum terdiri dari dua bidang utama: ekonomi perpustakaan dan bibliografi. Transkripsi yang mewakili kira-kira lima puluh empat persen dari semua sesi kelas formal yang dilaporkan kecuali seri Allied yang diadakan selama dua tahun semester kuliah menunjukkan bahwa kurang dari dua pertiga sesi dikhususkan untuk area pertama dan sepertiga untuk area kedua.

Ekonomi Perpustakaan

Ekonomi perpustakaan berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan (khususnya perpustakaan umum) yang dipandang sebagai unit administrasi yang harus dikendalikan, dengan personel dan masalah keuangan dipertaruhkan dan dengan lingkungan sosial mereka harus diperhitungkan; sebagai sistem rutinitas dan proses; dan sebagai bangunan dengan peralatan yang sesuai. Dalam hal transkripsi yang tersedia, sekitar sepertiga dari kuliah ekonomi perpustakaan selama dua tahun dikhususkan untuk perpustakaan sebagai unit administratif, lebih dari setengah untuk proses perpustakaan, dan sisanya untuk bangunan dan peralatan.  Kuliah di perpustakaan sebagai unit administrasi dapat dibagi lagi menjadi dua bidang.

Ketertarikan Dewey dengan detail dimoderasi dalam kuliah lainnya,

Dalam konsepsi Dewey tentang perpustakaan sebagai suatu sistem operasi, pengendalian biaya sangatlah penting dan seseorang hanya perlu mendapatkan nilai uangnya untuk itu. peralatan yang digunakan. Namun, dalam beberapa kasus, biaya merupakan gagasan yang rumit—misalnya, biaya penyimpanan buku dari waktu ke waktu, yang mencakup perumahan fisik, pemeliharaan, dan amortisasi. Kekhawatiran lain adalah efisiensi, terutama dalam pengaturan dan pengoperasian. Kuliah Dewey tentang katalog, misalnya, tidak pernah benar-benar terfokus pada katalogisasi sebagai sistem catatan bibliografi. Sebaliknya, dia berkonsentrasi pada bagaimana konstruksi fisik dan penataan lemari, laci, kartu panduan, label, dan sebagainya, dapat meningkatkan efisiensi dengan sebaik-baiknya. Demikian pula, ceramahnya tentang bangunan perpustakaan (dia meminta siswa untuk menyusun rencana) menekankan kebutuhan untuk melihatnya dan perabotannya, terutama rak, sebagai sistem tata ruang yang efisien.

Bibliografi

Bibliografi, bidang utama lain dari kurikulum, tampaknya telah menjadi mata pelajaran yang mulai diapresiasi sepenuhnya oleh Dewey hanya ketika sesi awal Sekolah sedang berlangsung. Dia menjadi sangat antusias tentang hal itu pada akhir semester kuliah pertama yang, mungkin mengikuti jejak E. C. Richardson di beberapa kuliah Sekolah yang terakhir, dia mulai berbicara tentang kurikulum Sekolah sebagai salah satu ilmu perpustakaan daripada hanya ekonomi perpustakaan. (ilmu perpustakaan artinya perpaduan bibliografi dan ekonomi perpustakaan).

Kesimpulan

Sekolah Ekonomi Perpustakaan Columbia Melvil Dewey selama sesi kuliah utamanya pada tahun 1887 dan 1888 menunjukkan sebuah program yang kontras dengan pandangan Sekolah sebelumnya. Baik kuliah bibliografi dan proporsi yang cukup besar dari kuliah ekonomi perpustakaan mengungkapkan minat pada pengetahuan umum dan prinsip-prinsip yang jelas melampaui "ABC" dari praktik perpustakaan.

Diskusi-diskusi tentang Sekolah ini terpaksa menggunakan deskripsi Dewey sendiri tentang program aktualnya. Namun, ketika Dewey menjelaskan program tersebut, dia selalu menekankan sifat teknis dan praktisnya. Oleh karena itu, semakin sedikit pernyataannya yang menekankan sisi intelektual dari program tersebut, mudah untuk menjelaskannya sebagai kata-kata yang bertentangan dan mungkin kosong. Bukti dari transkripsi sekarang sangat menunjukkan bahwa itu milik Dewey ketertarikan pada detail teknis dan efisiensi dalam rutinitas membuatnya sangat sulit baginya untuk berbicara dengan mudah tentang Sekolah dalam istilah apa pun kecuali ini. Namun, tampaknya kecenderungan ini tidak lebih dari kebiasaan dalam cara dia mengekspresikan diri dan memandang bidang perpustakaan. Pada kenyataannya, program ini jauh melampaui pembicaraan tentang aspek teknis dan praktisnya.

Setelah menarik kesimpulan sebelumnya, seseorang juga harus sangat berhati-hati dalam bagaimana mereka akhirnya dapat diterapkan. Dalam beberapa hal, gambar tersebut menimbulkan banyak pertanyaan sekaligus jawabannya. Misalnya, hanya sedikit informasi dari jenis yang digunakan di sini untuk mengilustrasikan semester kuliah yang tersedia untuk menjelaskan segmen lain dari Sekolah yang dimulai pada tahun kedua. Apakah informasi itu tersedia, dapatkah ditunjukkan bahwa segmen lain dari program Sekolah yang menekankan pemagangan benar-benar membatalkan pencapaian apa pun dalam keluasan intelektual yang diperoleh selama semester kuliah dan menjadikan mentalitas sekolah perdagangan sebagai elemen yang lebih penting? Sekali lagi, karena Sekolah pindah ke Albany, New York, hanya setelah tahun ketiganya, mungkinkah setelah jauh dari lingkungan Columbia, ia mengambil sikap sekolah pelatihan? Akhirnya, apa efek perubahan jangka panjang dalam lingkungan yang lebih luas di mana Sekolah menemukan dirinya? Misalnya, bagaimana itu (dan sekolah lain juga) dipengaruhi oleh pergeseran ke arah "pekerjaan referensi" berbeda dengan bibliografi seperti yang dibahas di sini, atau pertumbuhan standardisasi dalam rutinitas perpustakaan seperti katalogisasi dan klasifikasi, atau munculnya layanan informasi dalam teks con perpustakaan khusus? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini jelas berada di luar cakupan karya ini dengan sumber bukti yang kaya namun sempit hanya untuk dua tahun pertama dari sejarah yang jauh lebih panjang. Karena itu, mereka menunggu bukti dan studi lain. Untuk sementara, titik awal pendidikan perpustakaan, Dewey's Columbia School, telah diberikan potret yang jauh lebih komprehensif daripada yang tersedia sebelumnya.

 

Glosarium

B

BISCOE, WALTER STANLEY (1853-1933)

School of Library Economy staff.

Lecturer on cataloging, classification, and bibliography. Amherst College, A.B. (1874).

Public Library, Taunton, Mass.: librarian, 1875-1876. Amherst College Library: assistant librarian, 1876-1879; acting head librarian, 1879-1883. Columbia University Library: catalog librarian, 1883-1889. New York State Library: catalog librarian, 1889-1895; senior librarian, 1896-1929. New York State Library School, instructor, 1889-1926. Assisted Melvil Dewey closely on the second and third editions of the Decimal Classifica­ tion (1883-1888) and was a consultant on other editions through the 1920s.

Lectures: (1887) ShN-20; (1888) ShN-27.

BISHOP, WILLIAM HENRY (1847-1928)

Author (Allied series). Lecturer on fiction.

Yale, A.B. (1867).

Milwaukee Commercial T imes: editor and proprietor, to 1877. Novelist, 1879-1919. Yale: instructor in modern languages, 1893-1902. U.S. consul, Genoa and Palermo, Italy, 1903-1910.

Lectures: (1887) a, b(l).

 

M

DEWEY, MELVIL (1851-1931)

Staff and director, School of Library Economy.

Lecturer on library administration, library methods and routines. Amherst College, A.B. (1874).

Amherst College library: librarian, 1874-1876. Library supplies and ser­ vices distributor, 1876-1883. Columbia College library: chief librarian, 1883-1889. State Library of New York, Albany: chief librarian, 1889- 1905. New York State Board of Regents: secretary, 1889-1900. Creator of the Decimal Classification (1876 + ). Library Journal: editor, 1876- 1880. Library Notes: editor, 1886-1898. American Library Association: secretary, 1876-1889; president, 1890, 1892-1893. Other accomplish­ ments in librarianship too numerous to list.

Lectures: (1887) ShN-43; (1888) ShN-40.

 

S

Substantif, adalah kata benda. Substantif berkaitan dengan sesuatu yang detail, rinci, mendalam dan dapat juga diartikan sebagai babak yang paling pokok/inti dari sebuah hal.

steno/ste·no/ /sténo/ n lambang huruf yang dipendekkan dan disepakati pemakaiannya, terutama dalam bidang kesekretariatan dengan maksud agar dapat menulis cepat untuk kemudian ditransliterasikan secara lengkap dalam bentuk surat dan sebagainya

 

 

Referensi:

Miksa, F. L. (1988). The Columbia School of Library Economy, 1887-1888. Libraries & Culture, 23(3), 249–280. http://www.jstor.org/stable/25542068

Posting Komentar untuk "Sekolah Perpustakaan Pertama di dunia Tersebut Bernama Columbia School of Library Economic"