Mengatasi Fan berisik pada laptop dell

 Dell merupakan salah satu brand ternama yang memproduksi laptop dan komputer desktop. Saat ini saya mempunyai dell dengan seri latitude  5290 2in1 Laptop yang merupakan salah satu seri tertinggi keluaran dari Dell. Ketika memakai laptop tersebut ada beberapa kendala yaitu laptop mengeluarkan suara (noise) fan atau kipas sangat berisik untuk seri tersebut menggunakan prosesor seri intel core sehingga masih menggunakan kipas, berbeda jika menggunakan  prosesor seri M yang sama sekali tidak memerukan fan untuk pendinginan laptop karena seri tersebut memang dirancang untuk hemat daya sehingga menghilangkan fungsi fan untuk pendinginan. 

Masalah fan berisik juga saya alami ketika menggunakan dell atitude  5290 2in1, beberapa tips dari internet sudah saya coba beberapa gagal tapi ada juga yang berhasil, adapun cara yang berhasil saya menggunakan dell power manager untuk mengurangi suara fan yang berisik. 

1. Langkah pertama adalah download dell power manager di laman ini 

2. setelah di download install dell power manager 

3. klik menu thermal management, kemudian silakan sesuaikan dengan kebutuhan laptop Anda disini saya menggunggunakan pengaturan Quite untuk mengurangi suara dan temperatur di permukaan laptop


Dari pengalaman saya, setelah saya setting dengan dell power manager kipas laptop tidak berisik lagi.

semoga bermanfaat 

1 komentar untuk "Mengatasi Fan berisik pada laptop dell"