Menggunakan Google untuk Riset Akademik

Apa itu Google Scholar?

"Google Scholar menyediakan cara sederhana untuk mencari literatur ilmiah. Dari satu tempat, Anda dapat mencari di banyak disiplin dan sumber: makalah yang dikaji, tesis, buku, abstrak dan artikel, dari penerbit akademis, masyarakat profesional, repositori pra cetak, universitas dan organisasi ilmiah lainnya. Google Scholar membantu Anda mengidentifikasi penelitian yang paling relevan penelitian ilmiah di seluruh dunia.
Kenapa harus membuat Profile Google Scholar?
  1. Google Scholar dapat digunakan sebagai alat untuk memonitor produktifitas dan pengaruh penelitian kita.
  2. Pada profil Google Scholar seorang dosen atau  peneliti akan tampil profilnya beserta daftar artikel publikasi ilmiah yang pernah dilakukan, baik berupa buku, makalah, artikel dan sebagainya.
  3. Banyak dosen yang telah memiliki cukup banyak publikasi, namun  publikasinya tidak ditemukan melalui internet, sehingga tidak terindeks oleh Google Scholar. Dengan memiliki akun/profil Google Scholar, dosen dapat mempublikasikan hasil penelitian atau karya ilmiah sehingga dapat di indeks oleh Google Scholar.
Kelebihan Google Scholar?
Menampilkan index untuk mengukur produktivitas peneliti dan dampak publikasi ilmiah. h-index seorang peneliti adalah h , artinya peneliti tersebut memiliki h artikel yang masing-masing artikel telah dikutip (paling sedikit) sebanyak h publikasi yang lain.
Angka h-index 4 artinya peneliti mempunyai 4 publikasi yang masing-masing  publikasi tersebut dikutip paling sedikit oleh 4 publikasi yang lain. Sedangkan i10-index, mengukur publikasi yang telah dikutip minimal oleh 10 publikasi yang lain. i10-index = 2 artinya peneliti memiliki 2 artikel yang telah dikutip oleh paling sedikit 10 artikel yang lain.



Membuat Account Google Scholar

1. Masuk ke account google scholar dengan alamat http://scholar.google.co.id kemudian pilih profil saya kemudian Anda diharuskan log in ke email, sebaiknya gunakan email institusi atau email gmail jika belum mempunyai email institusi.




2. Isikan profil google scholar 

3. Pilih artikel yang Anda tulis, jika tidak ada silakan pilih salah satu artikel sebagai syarat untuk lanjut ke step berikutnya 




4. Setting Update artikel terkait


Setting Update artikel terkait digunakan untuk menemukan artikel dan perubahan yang dilakukan pada artikel yang ada yaitu :
 1. Update artikel secara otomatis, Google scholar akan menerapkan update  otomatis berkaitan dengan artikel, kelebihan dari update otomatis ini adalah Anda tidak perlu update secara berkala artikel, karena artikel akan otomatis masuk ke google scholar Anda.
2. Kirim email melalui email untuk ditinjau, Google scholar akan mengirimkan notifikasi Jika ada artikel baru berkaitan dengan nama kita 

Visibilitas profil 
Ada dua menu di visibilitas profile
A. Update terkait artikel
1. terapkan update secara otomatis
Jika Anda menerapkan update secara otomatis maka google scholar Anda akan memasukan artikel sesuai dengan nama Anda secara otomatis ke profil Anda
2. Kirim update melalui email untuk ditinjau
Jika, Anda memilih menu ini maka google scholar akan mengirimkan update artikel Anda melalui email untuk diverifikasi
B. Visibilitas Profil
Anda dapat memilih Jadikan profil saya untuk umum supaya profil Anda dapat diindeks oleh Google

5. Menambah Artikel 
A. Klik Add untuk menambahkan Artikel
B. Tambah Artikel
1. tambah Artikel


2. Tambah artikel manual
Tambah artikel manual digunakan untuk menambah artikel secara manual

C. Mengedit Artikel
1. Pilih artikel yang ingin diedit

2. mengedit tulisan



D. Delete artikel
klik artikel yang yang ingin di delete


D. Mengedit Profile 


E. Mencari dan Menampilan Profile


~~Semoga Bermanfaat~~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggunakan Google untuk Riset Akademik"

Posting Komentar