Disain website responsive mudahkan pengguna mengakses website perpustakaan

   Saat ini perkembangan teknologi informasi begitu pesat termasuk media untuk menyebarkannya pun berkembang mengikuti perkembangan zaman, dulu untuk menyebarkan informasi menggunakan media tercetak yang dirasa sangat lambat penyebarannya karena terbatas ruang dan waktu, kini dengan berkembangnya teknologi informasi media penyebarannya diganti dengan media digital menggunakan akses internet sehingga mempercepat penyebaran informasi. 
   
   Salah satu media untuk menyebarkan infromasi adalah website atau situs web. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa dikases seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Aziz (2013). Website dapat diakses menggunakan beberapa perangkat yaitu personal computer (PC), laptop, gadget seperti telepon pintar atau dikenal dengan smartphone. 

    Berdasarkan survei penggunaan perangkat untuk mengakses informasi di internet 67,8 % menggunakan smartphone, 14,7 % menggunakan PC / laptop. Buletin APIJI (2016)  Berdasarkan survei diatas perilaku pengguna internet masih didominasi menggunakan perangkat smartphone, hal ini tentu saja menjadi perhatian pengembang website untuk mempertimbangkan desain yang responsive supaya mudah diakses oleh pengguna khususnya pemustaka.
       Menurut   desain responsive website mempunyai beberapa elemen yaitu :
1. Navigasi
Salah satu elemen yang paling penting dalam sebuah website termasuk yang bergaya responsive yaitu navigasi, dalam website responsive anda benar-benar harus memperhatikan dan membuat navigasi ini dengan serius, anda bisa menempatkan navigasi ini dibagian atas website, atau bagian lain yang paling mudah ditemukan oleh pengunjung, tidak perlu terlalu besar, namun mudah di akses. Untuk navigasi usahakan dibuat secara simple dan memudahkan orang dalam mencari informasi.
contoh website perpustakaan texas responsive diakses dengan smartphone  

2. Tombol Aksi
Setiap pelaku bisnis pasti ingin memiliki website yang bisa meningkatkan penjualan dan pendapatannya. Jadi tombol “call-to-action” menjadi bagian yang sangat penting dari setiap website. Jadi tempatkan tombol tersebut di posisi strategis di website anda, agar tercapai conversion(konversi) pada seseorang yang awalnya hanya pengunjung menjadi pembeli.

3. Elemen Branding
Sebuah website yang baik adalah website yang memiliki merek brand. Elemen untuk melakukan branding ini menjadi sangat penting dari sebuah website dan harus terlihat secara menarik di semua jenis perangkat. Elemen branding ini diantaranya adalah Nama website, tagline, termasuk juga pewarnaan website.

4. Padding
Mengelola padding dan whitespace adalah sesuatu yang sangat penting dari pembuatan website responsive. Jadi ketika pengunjung melihat website pada layar yang kecil, konten tidak boleh terlihat berantakan.

5. Section/ colum
Konten adalah inti dari sebuah website, apalah artinya sebuah website tanpa konten yang menarik dan berguna. konten kadang dibuat dalam beberapa bagian atau beberapa kolom dalam sebuah website, jadi menampilkan semua sektor tersebut dengan cara yang tepat bersamaan dengan memelihara readability (keterbacaan) dari konten tersebut adalah sebuah keharusan. Website akan terlihat lebih ramping dan tidak berantakan jika dilihat dari berbagai jenis perangkat. 

      Desain responsive perlu dipertimbangkan dalam membangun sebuah website, desain responsive memungkinkan pengguna merasakan pengalaman dalam mengakses sebuah website dengan perangkat yang berbeda, dengan adanya disain responsive sebuah website diharapkan tidak kehilangan jatidirinya ketika diakses dengan berbagai macam perangkat yang berbeda-beda.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda....  ( Budhi Santoso )

Daftar Pustaka 
Azis, Sholechul. 2013. Gampang dan Gratis Membuat Website: Web Personal, Organisasi dan Komersil. Jakarta: Lembar Langit Indonesia
http://www.tutorial-webdesign.com/elemen-penting-dalam-desain-web-responsive/
https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI05November2016.pdf

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disain website responsive mudahkan pengguna mengakses website perpustakaan"

Posting Komentar