Tentang Puasa Arafah



Assalamualaikum wr wb...

mau bertanya :

  • kapan dilaksanakannya puasa arafah ?

  • benarkah bisa menghapus dosa kita ?

  • apa keistimewaan puasa arafah ?


Sekian, terima kasih...

wassalamualaikum wr wb

hariono

Jawaban


Waalaikumussalam Wr Wb

Saudara Hariono yang dimuliakan Allah swt

Para fuqaha bersepekat disunnahkan berpuasa di hari Arafah bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijah. Dan puasanya dapat menghapuskan dosa dua tahun : setahun sebelumnya dan setahun yang akan datang.


Diriwayatkan dari Abu Qatadah bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Puasa pada hari Arafah, aku memohon pula kepada Allah, agar puasa itu bisa menghapus dosa setahun penuh sebelumnya dan setahun sesudahnya.”


Asy Syarbini al Khatib berkata,”Ia (hari Arafah) adalah sebaik-baik hari berdasarkan hadits Muslim, ‘Tidak ada satu hari pun yang di hari itu Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka daripada hari 'Arafah.”


Jumhur Fuqaha—kalangan Maliki, Syafi’i dan Hambali—berpendapat bahwa tidak dianjurkan (puasa Arafah) bagi seorang yang berhaji walaupun ia memiliki kekuatan dan puasa yang dilakukannya itu makruh menurut para ulama Maliki dan Hambali sedangkan menurut Syafi’i hal itu menyelisihi keutamaan berdasarkan riwayat Ummu al Fadhl binti al Harits,”Ummu Al Fadhl mengirimkan mangkuk yang berisi susu kepada beliau sementara beliau sedang berada di atas untanya di 'Arafah lalu beliau meminumnya.”


Dari Ibnu Umar bahwa beliau pernah berhaji bersama Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bersama Abu Bakar kemudian Umar kemudian Utsman dan tidak satu pun dari mereka yang berpuasa.” Karena hal itu dapat melemahkannya tatkala wuquf dan berdoa maka meninggalkannya adalah lebih utama. Dan ada juga yang mengatakan bahwa hal itu dikarenakan mereka adalah tamu-tamu Allah dan peziarah-Nya.


Kalangan Syafi’i berkata,”Disunnahkan berbuka bagi seorang yang melakukan perjalanan (safar) dan orang yang sakit secara mutlak.” Mereka berkata,”Disunnahkan berpuasa bagi seorang yang berhaji yang tidak sampai ke Arafah kecuali malam hari dikarenakan hilangnya sebab.”


Kalangan Hanafi berpendapat dianjurkan (puasa) juga bagi seorang yang berhaji apabila hal itu tidak melemahkannya ketika wuquf di Arafah dan tidak menggangunya dalam berdoa dan jika hal itu melemahkannya maka makruh baginya berpuasa. (al Mausu’ah al Fiqhiyah)


~~semoga bermanfaat~~


sumber :

http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/tentang-puasa-arafah.htm

3 komentar untuk "Tentang Puasa Arafah"

  1. halo sy ingin mnggunakan slim bgm langkah awal yg dilakukan apabila sy mnggunakan lapotop w7, komputer xp mksh infonya ditunggu

    BalasHapus
  2. khusnul

    download psenayan, kemudian aktifkan apace_start.bat dan mysql_start.bat di dalam folder psenayan. kemudian buka browser mozilla firefox, tuliskan di url bar http://localhost

    BalasHapus
  3. pagi,...asslmalaikum,,sy sdh donlod p.senayan trus ke localhost, sdh smpi thp buat database dan import sukses 65 query bgitu mau buka localhost senayan tdk muncul slim confiq.inc.php jg sdh diedit klik star apace dan msql jg sdh tp starny mjwbn system could not find d could not be started pa artinya kedua web server itu tdk conec p da yg slh dlm instal xamp y?...

    BalasHapus