Fitur Captcha di slims3-stable15

Di Era cyber seperti sekarang keamanan suatu sistem merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola sistem informasi. dengan terhubungnya suatu komputer ke LAN atau Internet akan membuka sebuah celah lubang keamanan atau (scurity hole) yang tadi nya bisa di tutupi dengan mekanisme keamanan fisik. Ini sesuai dengan pendapat bahwa kemudahan (kenyamanan) mengakses informasi berbanding terbalik dengan tingkat keamanan sistem informasi itu sendiri. Semakin tinggi tingkat keamanan, semakin sulit (tidak nyaman) untuk mengakses informasi.


Salah satu cara yang umum digunakan untuk mengamankan sistem informasi adalah dengan mengatur akses ke informasi melalui mekanisme “authentication” dan “access control”. Implementasi dari mekanisme ini antara lain dengan menggunakan  password dan captha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) digunakan untuk membedakan antara mesin ( bot ) dan manusia dengan cara mem-validasi sebuah inputan.


salah satu harta terpendam slims3-stable15 adalah fitur captcha berguna untuk keamanan verifikasi data. Adapun yang ada captcha nya yaitu akses librarian login dan member login, berikut ini cara mengaktifkan fitur captcha di Slims3-stable15 :


1, buka sysconfig.inc.php kemudian cari Captcha Settings supaya bisa aktif Captcha settings for Senayan Management Console (aka Librarian Login) dari false di buat true. kemudian Save


(klik untuk memperbesar gambar)


2. Refresh slims matoa kemudian login ke librarian login maka akan muncul captcha seperti dibawah ini :


~~~Selamat Mencoba~~~


Sumber bacaan :


staff.uny.ac.id/sites/default/files/sistem%20keamanan.pdf

3 komentar untuk "Fitur Captcha di slims3-stable15"

  1. sudah saya coba tapi kok ga muncul ya

    BalasHapus
  2. aslm, salam kenal. maaf mas gimana caranya instalasi program ini? koq sy coba, tapi tetep saya ga bisa? mohon pencerahannya dong mas.. trims banyak...

    BalasHapus