Tentang Jogjalib

JogjaLib.Net merupakan sebuah portal yang mencoba menggabungkan berbagai perpustakaan yang menggunakan SLiMS di Yogyakarta.


SLiMS sendiri adalah sebuah perangkat lunak untuk pengelolaan perpustakaan, dan berbasis opensource. SLiMS dapat di unduh di http://senayan.diknas.go.id.


Para penggerak JogjaLib.Net adalah para sukarelawan perpustakaan, yang tergabung dalam Komunitas SLiMS Jogjakarta. Komunitas ini berdiri Januari 2010, dan pada tiap bulan berusaha sekuat tenaga untuk berkumpul dan belajar bersama.


Beberapa Pegiat Komunitas SLiMS Jogja, yang merupakan tulangpunggung JogjaLib.Net antara lain:




  • Tarto (Ruang Baca PTBB Fakultas Teknik UNY)

  • Ari Suseno (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Haris (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Sumaryanto (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Eritz (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Muhtarom (Perpustakaan SD Sriharjo Bantul)

  • Heri Abi (Pustakawan ISI Yogyakarta)

  • Arif Surachman (Pustakawan FEB UGM)

  • Purwoko (Pustakawan Teknik Geologi UGM)

  • Abdul Aziz (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

  • Budhi Santoso (Pustakawan Geografi UGM)


serta dari berbagai perpustakaan, baik di Jogja, Klaten, Boyolali, Kudus, dan juga Banjarnegara.

Komunitas SLiMS Jogja berusaha untuk bertemu sebulan sekali dalam rangka belajar dan saling berkunjung ke perpustakaan anggota. Keanggotaan komunitas bersifat terbuka dan sukarela. Beberapa pertemuan (secara berurut) sejak Januari 2010 dilaksanakan di:

  1. Selasar FT UGM + Perpustakaan Geologi UGM

  2. Selasar FT UGM

  3. UIN Sunan Kalijaga

  4. Fakultas Geografi UGM

  5. Fakultas ISIPOL UGM

  6. SD Sriharjo Bantul Yogyakarta

  7. SMA 1 Teladan Yogyakarta


Terimakasih pula kami ucapkan kepara para developer SLiMS (Senayan library management System), atas kerja kerasnya mewujdukan perangkat lunak untuk perpustakaan yang bergenre Opensource ini. pak Hendro Wicaksono, Arie Nugraha, Wardiyono, Sulfan Zayd, Arif Syamsudin, dan juga Rasyid Ridho..
Cara Bergabung dengan Union Catalogue (UCS) jogjalib

1. Menggunakan perangkat Lunak SLiMS (Senayan Library Management Systems) yang dapat diunduh di http://senayan.diknas.go.id. Atau jika anda telah menggunakan perangkat lunak lain, anda dapat mengkonversi database anda ke model SLiMS.


2. SLiMS yang digunakan minimal adalah Seulanga (Senayan3-Stable14)


3. Silakan kirimkan ke email kangbudhi@gmail.com cc ke: tamanjiwa@gmail.com berisi kesediaan dan permintaan untuk bergabung. Sertakan Nama Perpustakaan dan alamat URL opac di internet (jika ada).


4. Kami akan mengirimkan file konfigurasi Node bernama ucnode.inc.php yang harus anda pasang di dalam folder master SLiMS.


5. Kami menyarankan kepada anda untuk meminta ijin/persetujuan/pemberitahuan kepada Penanggungjawab Perpustakaan dimana anda bekerja.


6. Bergabung di JogjaLib.Net merupakan kegiatan sukarela untuk berbagi informasi. JogjaLib.Net tidak berafiliasi pada organisasi politik.


Langkah setelah menerima file konfigurasi Node (ucnode.inc.php) dari admin.


1. Unduh file ucnode.inc.php di email balasan anda,  dan upload menggantikan file ucnode.inc.php yang ada di folder senayan anda.


2. Buka file sysconfig.inc.php dan pastikan baris konfigurasi ucs seperti berikut:


$sysconf['ucs']['enable'] = true;


3. Masuk dalam modul admin senayan.


4. Upload data bibliografi dengan klik bibliografi list, chekbox yang ingin di upload, atau chek all, kemudian klik Upload Selected Bibliographic data to Union Catalog Server


5. Klik halaman berikutnya dan ulangi langkah 4 sampai data semua terupload.


Catatan: untuk dapat bergabung dalam JogjaLib.Net tidak mensyaratkan server ber IP Public atau Online di Internet. Namun cukup dengan server yang anda gunakan (server lokal) merupakan komputer yang dapat mengakses internet.


untuk informasi lebih lanjut silahkan akses http://jogjalib.net

3 komentar untuk "Tentang Jogjalib"

  1. masih dipelajari pak......
    klo yang buat katalog,bibliografi scr otomasi bisa didapat dimana pak??
    semisal cuman 1 perangkat komputer di perpustakaan ntu,udah bisa kah buat otomasi?? walaupun semi

    BalasHapus
  2. pak, mohon diajarkan dan berbagi ilmu untuk perpus jogja, dan jawa tengah sekitarnya tentang costomisasi slims senayan. kami melihat makassarlib tampilan cukup menarik, dan kami mencoba untuk bergabung dengan makassarlib, tenyata menyarankan berbagi ilmu dengan tim pengembang dan bergabung ke portal jogjalib dulu. email saya tphpstemba@gmail.com terimakasih

    BalasHapus