Fungsi Layanan Z39.50 Pada Senayan3-stable10

Di dunia perpustakaan ada beberapa protokol yang dapat digunakan untuk melakukan proses pertukaran data. Salah satu protokol pertukaran data yang banyak dikenal adalah Z39.50 merupakan protokol yang bersifat interaktif. Z39.50 sendiri adalah protokol standar berbasis client-server yang memungkinkan komputer komputer client untuk mencari dan mendapatkan informasi ke server data.


Implementasi  Z39.50 banyak digunakan untuk bertukar data bibliografis bertipe MARC (Machine-Readable Cataloging). MARC umum digunakan sebagai metadata standar untuk pertukaran data bibliografis antar perpustakaan. Fasilitas Z.39.50 sudah di aplikasikan di senayan3-stable10 sehingga mudah untuk transfer data bibliografis, syarat untuk bisa mengaktifkan fitur ini adalah tersedianya koneksi internet. Saya mencoba menggunakan fungsi layanan Z39.50 yang terdapat di bibliografi dan hasilnya seperti ini :


Misalnya saya mencari dengan key word maryamah karpov dengan pencarian spesifik dengan Title/Series maka akan muncul katalog bibliografi kemudian pilih dengan mencentang/save Z39.50 record ke database.


Untitled-1







Kemudian buka daftar katalog, maka hasilnya seperti ini secara otomatis bibliografi masuk ke database senayan.


katalog










Selamat mencoba...

Posting Komentar untuk "Fungsi Layanan Z39.50 Pada Senayan3-stable10"