Sharing Pengalaman menggunakan Aplikasi Psenayan

Sharing Pengalaman


Sewaktu memberikan materi perkenalan senayan kepada pustakawan SD Muhammadiyah sekota Yogya ada beberapa kasus yang menarik yaitu senayan tidak dapat dijalankan ternyata setelah kami review lagi ternyata ada beberapa sebab antara lain; Sebab-sebab Psenayan Eror could not be open ketika membuka apache_startbat dan mysql_startbat antara lain disebabkan:



1. 1. Server apache bentrok dengan server Microsoft Internet Information Service yang hanya dapat beroperasi di windows, sehingga membuat eror senayan. Untuk mengatasinya klik control panel/add remove program/ add romove windows component/ kalau IIS ter ceck list berarti terinstal, untuk uninstalnya klik next kemudian ikiti langkah selanjutnya.



2. 2. Untuk portable senayan sewaktu mengekstrak, masternya ada di dalam sub direktori


Jika kita mengekstrak file berekstensi tar seperti psenayan.tar memakai winzip biasanya file yang di ekstrak akan ada di dalam direktori senyan 3.6, sehingga saat apache_start.bat dan mysql_start.bat di dalam direktori psenayan di aktivkan , pada cmd muncul could not be open. Alangkah lebih baik mengkestrak psenayan dengan winrar sehingga pada saat di ekstrak here tetap bernama psenayan tidak di dalam direktori seperti menggunakan winzip.













Gambar diatas  hasil mengekstrak dengan winzip


Gambar di bawah contoh mengekstrak dengan winrar



3.













3.  Meletakkan psenayan di direktori misalnya di c:/program file, jika di letakan di direktori mengakibatkan apache_startbat dan mysql_startbat tidak dapat berjalan semetinya jadi alangkah lebih baik psenayan di letakan di drive d:/ c:


TULISAN The PATH for mysqldump program is not right! Please check configuration file or you wont be able to do any database backups.” Muncul setelah menginstal senayan3-stable7.


Untuk memperbaiki upaya bisa di backup data kita, caranya adalah :


buka syconfig dengan wordpad/notepad, kemudian cari $sysconf['mysqldump'] kemudian kita tuliskan letak mysqldump misalnya; kita mengistal xampp di c:/xampp (server apache)/mysql(database)/bin(binary)/myqldump.exe. kalau kita jabarkan mysqldump terletak di drive c folder xampp sub direktori mysql sub dir mysql bin


/* DATABASE BACKUP config */


// specify the full path of mysqldump binary


$sysconf['mysqldump'] = 'c:/xampp/mysql/bin/mysqldump.exe';


// backup location (make sure it is accessible and rewritable to webserver!)


$sysconf['temp_dir'] = '/tmp';


$sysconf['backup_dir']= FILES_UPLOAD_DIR.'backup'.DIRECTORY_SEPARATOR;


23 komentar untuk "Sharing Pengalaman menggunakan Aplikasi Psenayan"

  1. terimakasih buat pencerahannya den bagus :d

    BalasHapus
  2. Haa....... Haa................ Pengalaman pertamaku

    BalasHapus
  3. gmana membuat server di windows agar bisa di buka di client

    BalasHapus
  4. mohon bantuannya

    BalasHapus
  5. Saya menggunakan senayan 3.9 dengan server xampp dengan browser firefox 3.0.9, tapi saya ada masalah dengan modul membership, dimana anggota baru yang telah tersimpan, tidak dapat diedit kembali. Kemudian, modul sirkulasi tidak dapat melakukan transaksi. Selain itu kalau diklik sejarah peminjaman, keterlambatan, reservasi maka muncul pesan "Error on AJAX request". Mohon pencerahannya Kang. Thanks

    BalasHapus
  6. @beberapa kawan yg menggunakan xampp sebagai server menemukan kasus serupa. Kl di windows, silakan pake psenayan saja pak.

    BalasHapus
  7. yup, pakai psenayan lebih flexibel

    BalasHapus
  8. mau tanya dung mas..saya pake senayan 3stable12, bagaimana caranya menggunakan menu reserve pada menu Circulation >Start transaction?apakah item status pada menu Master Files> Look ups bisa di tambahkan?

    BalasHapus
  9. Masih coba coba Psenayan

    BalasHapus
  10. saya belum mengerti senayan bung, namun saya ingin tau, jadi muhon panduan jika say membutuhkan nanti dilain jam,,

    BalasHapus
  11. mau nanya, bagaimana menset path mysqldump senayan di shared hosting?

    BalasHapus
  12. agar wamp/xamp dapat berjalan di windows tanpa bentrok dengan IIS, bisa digunakan port yang berbeda. settingan ada di file httpdconf wamp. ubah listen 80 menjadi misal Listen 8084. jadi kalau mau mengakses wamp gunakan url: http://localhost:8084, sedangkan mengakses IIS cukup dengan http://localhost

    BalasHapus
  13. Saya baru belajar menggunakan p senayan, sada masalah dengan data yang ada didaftar katalog hilang ( kopi : tidak ada data ) kira2 dimana ya masalahnya, mohon petunjuknya. Terima kasih

    BalasHapus
  14. hananto bayu susetyo6 Agustus 2011 pukul 01.06


    kangbudhi :yup, pakai psenayan lebih flexibel
    kang nih aku ada masalah dengan psenayan sewaktu aku melakukan proses penyimpanan data koleksi ternyata gak bisa dan keluar perintah"bibliography data failed to save. please contact system administrator\nduplicate entry '184' for key 1".

    BalasHapus
  15. Zulfa Erlin Muflihah3 Januari 2012 pukul 01.04

    tolong bantu saya: sy menggunakan senayan stable 14.
    1. saya belum paham terkait dg menyeting backup datanya.
    2. saya punya masalah, komputer saya sudah ada xampp-senayan dg data in put buku koleksi sya pribadi. dan saya ingin juga bisa menginput buku yg ada di t4 kerja saya yg saat ini saya simpan di flasdiks. sy sudah menyeting xammp-apache-conf-httpd (buka dg notepad dg ganti listen 80 dg 2014.. tapi setelah saya aktifkan xampp dan buka web dg nulis "localhost:2014/perpus" bisa muncul senayan, tapi datanya masih bawaan di komputer sya. gimana penyelesaian masalah ini?

    terimakasih...

    BalasHapus
  16. bibliografi ndak bs dibuka alias error tu knp/
    tp kl buka koleksi bs diliat ceklistnya...

    BalasHapus
  17. slim yang saya gunakan tidak bisa dibuka ketika saya buka psenayan apache_start dan MySql_start nya tidak ada gimana ya caranyanya agar bisa kembali seperti semula? soalnya uda banyak buku yang saya entry..

    BalasHapus
  18. program senayan di sekolah kami ada virusnya, bagaimana cara ambil datanya?tksh

    BalasHapus
  19. mohon bantuanya...
    psenayan saya eror ..ketika masuk web browsing dan sya ketik
    "localhost" malah muncul tulisan
    Fatal error: Call to a member function fetch_row() on a non-object in D:\psenayan\apache\htdocs\senayan3-stable14\lib\contents\common.inc.php on line 36

    mohon bantuannya... gmna it?? trims sbelumy

    BalasHapus
  20. saya awwam sekali dengan slims, mohon bantuannya,klo untuk mengecilkan ukuran barcode gimana caranya kangbudhi? dan kenapa register ke forum slims saya selalu gagal?trimakasih

    BalasHapus
  21. mas.saya bingung cara instal psnayan..
    apache start dan myscal start sudah saya klik.
    dan localhost sudah saya buka. tapi saya bingung cara mebuat password dan user name

    BalasHapus
  22. @ulfa, kalau psenayan username dan password untuk masuk username admin, password admin

    BalasHapus