Format Pdf Untuk Dokument Elektronik Di Perpustakaan

[wp_caption id="" align="alignleft" width="400" caption="gdl uin suka"]gdl uin suka[/wp_caption]

Portable Document Format (PDF), tidak dapat disangkal menjadi format yang umumdi gunakan untuk dokument elektronik, PDF sekarang memperoleh standar internasional ISO – ISO 32000-1. Dengan semakin meledaknya pertumbuhan internet, PDF telah menjadi salah satu format yang sering digunakan untuk pertukaran dokument. Secara garis besar kuntungan dan kemudahan menggunakan format PDF :
1. Pemeliharaan dokument bebas alat atau platfrom
2. menggabungkan isi dari berbagai macam sumber
3. kolaborasi editing dokumen menggunakan berbagai macam platform
4. tanda tangan digital untuk keaslian dokument
5. keamanan dan ijin untuk melindungi dokumen
6. kemudahan akses dokumen untuk orang disabil/cacat
7. penyaringan dan penggunaan kembali dokumen dengan format file yang lain
8. mengumpulkan data dan menyatukan data dokumen dengan sistem bisnis menggunakan format PDF
Penggunaan format PDF di perpustakaan
Mengingat berbagai kemudahan dan keuntungan menggunakan format PDF, perpustakaan UIN SUKA YK juga menggunakan format ini

untuk pemeliharaan dan kemudahan akses oleh user. Dengan menggunakan software open source seperti gdl http://digilib.itb.ac.id buatan ITB, perpustakaan dapat mendigitalkan dokumen bentuk teks kedalam bentuk PDF yang dapat di akses melaui komputer baik intranet maupun internet.
Dokument yang akan dibuat format PDF antara lain skripsi, buku teks dan jurnal,sebelum di buat PDF dokumen teks terlebih dahulu di scan, setelah di scan kemudian di ubah kedalam bentuk PDF setelah dokumen di ubah ke dalam bentuk PDF dokument kemudian di upload di gdl. Pendigitalan dokumen koleksi akan memudahkan user untuk mengakses dokumen dengan cepat dan mudah. Sebagai pertimbangan pendigitalan informasi menyangkut hak cipta koleksi dokumen teks dan jika sudah di sharing lewat intranet dan internet keamanan software dan hak akses dokumen juga perlu di pertimbangkan .

Sumber bacaan:
PDF format becomes ISO standard http://www.publictechnology.net/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=16456 tanggal 8 Juli 2008, pukul 18.00

Posting Komentar untuk "Format Pdf Untuk Dokument Elektronik Di Perpustakaan"