Perpustakaan MAN 3 Yogyakarta Terbaik Tingkat Nasional dan Mempunyai Fasitas Terlengkap Untuk Ukuran Perpustakaan Sekolah

Dalam pengertiannya yang mutakhir, seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden RI nomor 11, disebutkan bahwa perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.


Pengertian perpustakaan yang mutakhir ini telah mengarahkan kepada tiga hal yang mendasar sekaligus, yaitu hakikat perpustakaan sebagai salah satu sarana pelestarian bahan pustaka; fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan; serta tujuan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional.


Adapun pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggung jawabnya kepada kepala/pimpinan sekolah; yang melayani sivitas akademka sekolah yang bersangkutan dan secara fungsionalis pustakawan berada di bawah kepala sekolah.


Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud merupakan hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Dalam pengertian perpustakaan yang mutakhir ini juga tersirat fungsi perpustakaan pada umumnya, yaitu sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan. Namun secara khusus,setiap jenis perpustakaan mempunyai fungsi masing-masing ,yang berbeda antara yang satu dan lainnya. Fungsi Perpustakaan Nasional RI berbeda dengan fungsi Perpustakaan Umum,fungsi Perpustakan Daerah berbeda dengan Perpustakaan Sekolah,fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi berbeda dengan fungsi Perpustakaan Khusus/Dinas. Karenanya berbeda-beda, maka masing-masing perpustakaan memiliki tujuan yang berbeda-beda pula yang harus dicapai oleh masing-masing jenis perpustakaan.


Fungsi Perpustakaan Sekolah


Perpustakaan Sekolah menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0103/O/1981, tanggal 11 Maret 1981, mempunyai fungsi sebagai :


- Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah


- Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.


- Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan)Semua fungsi tersebut akan tergambar dalam koleksi pepustakaan bersangkutan.


Selama ini perpustakaan lebih banyak identik dengan buku usang, pegawai galak, ruangan sempit dan letaknya paling pojok. Namun, berbeda dengan kondisi perpustakaan MAN 3 Yogyakarta (MAYOGA) kesan itu jauh dai kondisi yang disebutkan di atas. Ketika masuk perpustakaan suasana nyaman, sejuk dan kondusif akan kita peroleh bukan hanya itu kesan gaul, modis dan trendi juga muncul. Sehingga tidak berlebihan jika mendapat juara 1 tingkat nasional.


Perbedaan suasana tersebut disebabkan karena ergonomi atau penataan ruangan yang tepat komposisi cat lain dengan ruangan kebanyakan warna-warna ngejreng seperti pink, kuning, biru laut dan hijau muda. Bukan hanya itu, hampir di setiap tembok terdapat hiasan dinding seperti lukisan, poster atau karya siswa yang temannya mengajak membaca, menambah ramai ruangan.


Ada lima ruangan di perpustakaan yang berdiri sejak tahun 1981 ini. Yakni, ruang koleksi, baca, referensi, pengolahan dan restorasi serta ruangan kepala dan staf. Ruang koleksi memuat buku pelajaran, majalah, ensiklopedi, karya ilmiah dan bahan referensi lain. Diruangan yang mempunyai luas 16 X 7 meter ini juga terdapat beberapa buah komputer yang selalu on-line.


komputerKomputer biasa digunakan siswa mencari referensi di dunia maya. Tata letak ruangan ini juga cukup apik. Kursi dan meja ditata berkelompok membentuk huruf ( 0 ). Biasanya ruangan ini digunakan siswa untuk belajar kelompok. Di sebelah ruangan koleksi, terdapat ruang referensi dan audio visual. Seperangkat peralatan audio visual seperti televisi 42 inci, player dan komputer terpampang di tengah ruangan. Di beberapa sisi ratusan koleksi dalam bentuk karya digital tersusun rapi di rak dan almari.


Tidak seperti ruang koleksi, para siswa yang masuk ketempat ini harus melepas sepatu. Sebab lantai ruangan dilapisi karpet dan layout ruangan konsep lesehan. Di tempat ini juga ditambahkan bantal supaya siswa merasa nyaman.


Ada sebuah ruangan yang dinamakan “bengkel” ruang ini dipakai untuk memperbbaiki buku yang rusak, seperti jilidan dan halaman yang robek.


Selain indoor di MAYOGA juga terdapat area outdoor. Area yang berada di ruangan ini dikategorikan menjadi empat bagian antara lain : selasar informasi, serambi baca, taman baca dan area serba guna. Selasar informasi berisi informasi dan papan infrmasi karya siswa.


Di perpustakaan ada 38.919 buku dengan 8699 judul. Selain itu, ada juga koleksi non buku yang terdiri dari majalah, tabloid, kliping, kaset, peta, CD, VCD, karya tulis dan majalah. Jumlah koleksinya 4.792 buah dengan 571 judul. Setiap tahun jumlah koleksi bertambah sekitar 500 judul yang di peroleh dari program wakaf buku dari para siswa dan guru setiap akhir tahunnya, mereka diminta menyumbang satu buku.


 


Korelasi fasilitas perpustakaan MAN 3 yogyakarta dengan siswa adalah setiap tahunnya terdapat kenaikan lulusan. Memang Semboyan Perpustakaan adalah jantung Sekolah atau institusi pendidikan bukan hanya sebuah semboyan saja, tetapi ada buktinya!


Wah kapan ya sekolah2 di jogja khusunya meniru dan mengalokasikan dana buat membangun perpustakaan yang respresentatif ???


adapted from :


radar jogja, minggu 9/9/07


www.karangturi.org/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=59


written by : budhi santoso

44 komentar untuk "Perpustakaan MAN 3 Yogyakarta Terbaik Tingkat Nasional dan Mempunyai Fasitas Terlengkap Untuk Ukuran Perpustakaan Sekolah"

  1. Maaf, pak atau mas Budhi... kami dari perpust yg bersangkutan (perpust MAYOGA), terima kasih karena profil perpust kami ditulis dalam weblog nya mas/pak Budhi, namun sepertinya ilustrasi foto di atas tidak mewaklili perpustakaan kami? mohon diperbaiki/dikoreksi masalah foto tersebut. Kami takutnya akan terjadi salah persepsi, barangkali bagi yg memiliki foto tersebut di atas merasa keberatan atau bagaimana. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. ntok informasi teko ngendhi????

    BalasHapus
  3. di atas khan dah ada daftar bacaan nya mas fiqru aku baca al dari :
    koran radar jogja, minggu 9/9/07

    BalasHapus
  4. Perkenalkan, Saya pengelola Perpustakaan SMA N 1 Parakan Temanggung. Melihat Perpustakaan MAYOGA saya jadi iri. Gini Pak Budi saya Mau Tanya? di perpustakaan skolah kami buku fiksi sangat minim padahal minat baca anak mulai meningkat mau najuke buku baru malah dibelikan karya umum atau buku pelajaran, sedangkan anak-anak maunya novel dll, memang jadi petugas perpus kudu sabar ya???boleh donk nanti sharing ttg perpustakaan

    BalasHapus
  5. ya sih mba petugas perpust kudu sabar he3, ada alternatif sih untuk menyiasati keterbatasan anggaran untuk membelikan buku yaitu dengan memberikan kebijakan saupamanya setiap siswa kelas 3 setelah lulus dari sekolah diharuskan meninggalkan sebuah koleksi non fiksi seperti novel dan komik untuk perpustakaan,dengan kebijaksanaan yang dibuat seperti ini maka keterbatasan anggaran dapat ditekan seminimal mungkin.
    Dan satu lagi mba untuk buku pelajaran sih bisanya tersedia banyak, hal ini dimungkinkan dana BOS (biaya operasional sekolah) biasanya di pake untuk membeli buku paket sehingga siswa mempunyai banyak buku pedoman tidak tergantung pada satu penerbit :). Thanks

    BalasHapus
  6. OK banget, ku dari man magelang mengucapkan selamat karena saat ini website kami baru dalam proses building

    BalasHapus
  7. wah...bagus banget, setelah tiga tahun ga' ke MAYOGA.banyak perubahan yang cukup menabjubkan,terutama dengan perpustakaanya...
    kebetulan nich..saya ambil jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di UIN SUKA...wah,jd tertarik.
    kapan-kapan boleh ya,penelitian disitu...Buat sekripsi Nanti.OK Thanks For beautiful Moment My MAYOGA..you Will be My Inspired.
    From : Graduate MAYOGA 05'.

    BalasHapus
  8. wah..... makasih banget dah informasiin skull ku yang perpustnx menang jwra 1 tk. nasional

    BalasHapus
  9. Pak budi bisa kasih info ttg sofware gratis perpustakan sing instalnya gampang wae

    BalasHapus
  10. ada mba namanya athenium 8.5 beta, software trs ga perlu ngisnstal, tinggal di ekstrak rar kemudian kilik athenium.exe dah jadi deh :) nih link dl nya v\http://www.4shared.com/file/15987757/a39cf89f/Athe85v1_Beta.html

    BalasHapus
  11. mas klo update program athenuim versi 8 punya ga?

    BalasHapus
  12. mohon diberi tahu, dimana saya bisa mendapatkan software untuk perpust saya

    BalasHapus
  13. Mb andari bisa lihat tulisan saya yg terdahulu tentang open biblio dan senayan, pada tulisan tersebut saya lampirkan link download nya atau mb dapat langsung mengklik menu download di menu tsb ada link download software automasi free

    BalasHapus
  14. Numpang lewat:

    Perkenankan saya menyampaikan informasi soal perpustakaan.
    barangkali ada yang berminat.
    Workshop "Mengelola Perpustakaan Sekolah", Jumat, 30 Mei 2008 pukul 13-16. Bertempat di Ruang Hanoman, Jogja Expo Center. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut hubungi Marita, Paula, atau Zara, Markom Kompas, (0274) 557757 atau 563600.

    BalasHapus
  15. termakasih sudah menjadi contoh sekolah yang baik, mari kita sampaikan kabar baik ini kepada seluruh masyarakai indonesia agar membuat budaya gemar membaca, sehingga kita bisa membuat suatu perubahan. kita maju jaya, mahasiswa UNIMED

    BalasHapus
  16. Salam Perpustakaan....kang Budhi,salam kenal dan mohon info alamat MAN 3 itu di mana ? karena kami di SMP N 3 Lawang ingin berkembang seperti MAN 3, terima kasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
  17. gw mahasiswa universitas yarsi ilmu perpustakaan,gw ditugas belajarkan dari depag dengan unit kerja MAN Kinali Pasaman Barat, yang jadi permasalahan selama ini gw gak pernah jadi petugas perpustakaan dan gw buta sama sekali tenteng perpustakaan, dengan permasalahan ini gw mo minta tip ama mas budi gimana caranya menyulap perpustakaan yang sepi pengunjungnya menjadi perpustakaan yang rame alias jadi idola di sekolah. trms

    BalasHapus
  18. @kang pandu. Alamat mayoga Mayoga- MAN YOGYAKARTA III, Jl Magelang km 4 Yogyakarta DIY. Tlp (0274) 513613 fax (0274) 513613. Atau www.mayoga.net.

    BalasHapus
  19. @kang ediman. Agar perpustakaan banyak pengunjungnya caranya mudah aja. Kang edi rajin2 berkoordinasi dengan guru sekolah misalnya guru bahasa indonesia adakan kegiatan membuat sinopsis buku, diskusi kelompok atau diskusi tentang buku baru yang akan terbit dan program nonton bareng film edukasi berapa bulan/minggu sekali. Kalau di mayoga kemarin paz saya kesana ada komunitas khusus yg membahas tentang buku baru dengan mengundang narasumber author buku tsb. Mungkin dari segi penataan ruangan di buat semenarik mungkin, ruangan di bgi menjadi lesehan tersendiri untk ruangan audio visual dan referensi,ruang baca dgn meja kursi baca. Semoga dapat membantu

    BalasHapus
  20. @kang ediman. Agar perpustakaan banyak dikunjungi berdasar pengalaman saya caranya mudah aja. 1. Kang edi rajin2 berkoordinasi dengan guru sekolah misalnya guru bahasa indonesia adakan kegiatan membuat sinopsis buku, diskusi kelompok atau diskusi tentang buku baru yang akan terbit dan program nonton bareng film edukasi berapa bulan/minggu sekali di perpustakaan. Kalau di mayoga kemarin paz saya kesana ada komunitas khusus yg membahas tentang buku baru dengan mengundang narasumber author buku tsb. 2.Mungkin dari segi penataan ruangan di buat semenarik mungkin, ruangan di bgi menjadi lesehan tersendiri untk ruangan audio visual dan referensi,ruang baca dgn meja kursi baca. Semoga dapat membantu

    BalasHapus
  21. Pak saya Priex's saya pengola Perpustakaan SMA Batik 1 Surakarta . . .
    Alh saat ini kita memakai senayan library outomation . . .
    saya saat ini lagi getol2nya mengembangkan perpustakaan sekolah ini . . .
    Ini email : ftw_378@yahoo.com
    YM : ftw_378
    Mari majukan dunia perpustakaan . . . Cayo . . .

    BalasHapus
  22. Bagus..saya sangat bangga MAYOGA

    BalasHapus
  23. MAYOGA................nglihat perpus mayoga aq jadi kangen banget dengan masa2 indah aq di madrasah tercinta ini,,,,,,,,
    perpus mayoga tempat favorit buat bolos saat aq boring ikut pelajaran di kelas..
    buku2 novelnya up date truuuus...pokoknya emang perpus mayoga best of the best bgt...........

    BalasHapus
  24. wah mb vika jadi ketahuan tuh sering bolos he2

    BalasHapus
  25. ya......setlah aq baca!!!!Q cm mo blang CAYOO AND SUKSES slalu ja,bwt school MAN 3 jogja.

    BalasHapus
  26. Assalaamu'alaikum, Mas Bud.. salam kenal.
    Aq pustakawan di salah satu SMU di Pekanbaru, Riau. Aq lagi usahain perpus. yg ideal.
    Mohon sarannya tentang ukuran luas perpus., ruang2 yg hrs tersedia, fasilitas, dll. Sekolahku mo go international katenye. Kayaknya Mas Bud sangat berpengalaman dan banyak informasi nih. Tks b4 ya?
    Wassalaam

    BalasHapus
  27. weeeee.....ga nyangka skulQ dulu dah hebat skrg....
    selamat ya atas kehebatan perpustnya skrg...
    Semoga kamu mjd yg nomer satu trz ....
    salam kenal ,aq jebolan thn1997.....

    BalasHapus
  28. aq pengelola perlustakaan di salah satu sma di sulsel, aq pernah mengikuti diklat pustakawan tapi aku belum mahir tentang pengelolaan perpust terutama pada katalog. sekolahku menuju standar nasional, mohon bantuannya tentang pengaturan tata letak ruang perpustakaan.

    BalasHapus
  29. hmm, coba di deskripsikan lebih jelas ruangan nya letak gedung perpustakaannya syukur ada photonya, mungkin aku bisa bantu

    BalasHapus
  30. hi .. gmn kang budi kabre? sekrang tambah hebat ya dirimu..hahahaha.

    BalasHapus
  31. lamlikum, ni alumni MAYOGA angkatan 97 mo comment, emang lengkap sih tp pada dipelajari ya adik2 kelasku.......

    BalasHapus
  32. Dewi Purwantiningsih8 September 2009 pukul 21.24

    Sy bangga banget dengan MAYOGA, smga sll yg terbaik, salam untuk guru2ku tercinta mudah2an sll inget sama sy Dewi alumni 1996.

    BalasHapus
  33. MAYOGA....... cerita indah yang tak akan usai.........
    tetep ULTRAPRIMA (UNGGUL, TERAMPIL DAN BERKEPRIBADIAN MATANG).......
    salam dr Alumni 07 (XII IPS 3)

    BalasHapus
  34. Fahrudin, MIN Tempel17 November 2009 pukul 21.28

    MAYOGA..OKE. adalah Almamaterku yang telah membesarkanku dan menggodok mentalku hingga menjadi seperti saat ini keberadaanku. Tahun 1989-1990 diriku menjadi ketua OSIS yang saat itu mengalami kemajuan. Sekses untuk Mayoga....Kibarkan bendera Madrasah di dunia lewat Mayoga

    BalasHapus
  35. Wahhh, jadi inget waktu masih sekolah di sana. Cari referensi Karya Tulis Ilmiah, Pake Komputer Buat bikin karya ilmiah, jadi kangen dateng ke sana lagi. Ngomong2 masih ngga piala ku di sana, hehehehe.

    Paling ngga dah ngasih kenangan buat sekolah tercinta.

    Miss all my friend and my teacher.


    WEST
    3IPA1/LULUSAN 03

    BalasHapus
  36. bangganya aq dulu pernah skul di MAYOGA.... skarang da tambah maju aja... Dulu bangunannya g semegah sekarang... tp aq senang krn sebelum kluar dari MAYOGA,, Q dapat merasakan fasilitas - fasilitas yang ada di MAYOGA,,,
    Q jadi Kangen sama guru - guru di MAYOGA....

    BalasHapus
  37. mohon brosur untuk smp alhikmah benda trims

    BalasHapus
  38. sa'dullah ahmad

    Pak sa'dullah langsung menghubungi ke man yogyakarta 3 dengan kontak : Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III

    Kontak
    Alamat:
    Jl. Magelang Km. 4
    Yogyakarta
    DIY
    55284
    Indonesia

    E-mail : man3.513613@yahoo.com
    Telepon : Telp: 0274-513613
    Faks : Fax: 0274-513613
    website : http://mayoga.net

    ~Terimakasih~

    BalasHapus
  39. Salam Buat angkatan 95 , semoga MAN 3 Yogya sukses selalu

    BalasHapus
  40. salam kenal. kangbudi,, maaf.. bisa berbagi ttg perpus mayoga kah? saya juga terlibat di perpus sekolah
    makasiya atas segala kebaikannya

    BalasHapus
  41. mba elvi, boleh tapi data yang saya dapat itu data dulu. ada yang bisa di bantu mb?

    BalasHapus